Langsung ke konten utama

Pro Tips Untuk Memulai Atau Meningkatkan Penjualan Online di Tokopedia



Image result for Tokopedia

Halo Hidup Alternatif, 

saya Andrey Garcia membahas bagaimana cara jualan online, tapi sebelumnya tahukah anda apa itu Online Business?

Online Business adalah jualan online di berbagai platform penyedia fitur tersebut, bisa jadi kita hanya mengandalkan media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dan lain sebagainya. Bisa jadi juga kita menggunakan platform penyedia jualan online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, Mataharimall dan lain sebagainya, Namun Garcia hanya akan membagi tips untuk posting yang lebih efektif di Tokopedia saja.



Tahun 2017 kemarin marketplace milik William Tanuwijaya ini mendapatkan suntikan dana sebesar 14 Trilyun Rupiah dari Alibaba Group. Hal ini membuat tokopedia semakin memiliki pengaruh besar di jagat marketplace Indonesia.

 Untuk berjualan di tokopedia anda harus Membuat Akun Tokopedia, Buka Toko, dan Posting terlebih dahulu.

Tips untuk Menentukan Judul di Tokopedia.

Untuk Tips foto silahkan klik disini (masih edit, Sabar yaa 😀)

Pada Judul gunakan Kata Kunci yang menarik perhatian dan gampang dan luas. Sebagai contoh jika anda ingin menjual "Tumbler Starbucks" maka jangan cuman postingan dengan judul "Tumbler Starbucks" saja, maksimalkan quota penggunaan huruf yang disediakan oleh tokopedia.

Untuk memilih Judul bisa dilihat dari berbagai nilai plus product yang di jual, bisa jadi menang dari harga, atau limited edition, atau dari segi bahan, ukuran, warna dan lain sebagainya.

Image result for tumbler starbucksSebagai contoh  jika ingin jual Tumbler Starbucks yang seperti di gambar tersebut, kita bisa lihat berbagai nilai plus dari segi productnya.
  1. Warna Hitam
  2. Bahan Stainless Steel
  3. Limited Edition
  4. Made in Korea
  5. Tahan Panas
Sementara jika kita lihat competitor sesama jualan barang yang serupa di Tokopedia sendiri, kita yakin harga kita termurah , maka itu juga bisa menjadi nilai plus tersendiri juga.

Dengan informasi yang sudah kita dapat tersebut kita bisa membuat judul seperti beberapa contoh berikut:

Termurah Limited Edition Tumbler Starbucks Tahan Panas Hitam
 Tumbler Starbucks Korea Stainless Steel Hitam
Murah Limited Edition Made In Korea Tumbler Starbucks Stainless Hitam

Contoh contoh tersebut jauh lebih menarik daripada hanya
Tumbler Starbucks
Cara tersebut juga bisa di pakai dengan product yang lainnya juga, (mungkin) hampir semua product bisa menggunakan cara yang sama. Selain menarik perhatian, kata kunci tambahan tersebut juga akan menambah kemungkinan product kita dimunculkan terlebih dahulu jika pelanggan mencari dengan kata kunci yang sama , seperti "Tumbler Starbucks Hitam".

 Tips untuk Membuat Deskripsi yang Menarik

Dalam penjualan apapun kita semua harus tetap mengingat prinsip bu AIDA. AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action. ingat hal tersebut secara bertahap, harus A , lalu I, lalu D, lalu A lagi, jangan terbalik-balik.

kita bahas satu satu apa itu AIDA.

Attention

Membuat perhatian calon pembeli, jika di jualan online, Judul, foto dan harga yang menarik perhatian calon pembeli. Jika pembeli mau untuk klik product kita, berarti kita sudah berhasil di tahap ini

Interest

Membuat calon pembeli menjadi tertarik, hal ini dilakukan dengan cara deskripsi yang lengkap, informasi yang lengkap dan benar, jika calon pembeli bisa melihat product kita lebih dari 10 detik, berarti kita sudah berhasil di tahap ini.

Desire

Menciptakan Nafsu, meningkatkan rasa ingin membeli. Survey membuktikan 90% orang membeli sesuatu itu didasari oleh rasa Emosi, 10% sisanya adalah Logika. 
"Wah ini lucu banget bajunya, keren nih kalau di pakai bisa menarik perhatian, wah limited edition pula ya, wiih murah juga ternyata"
bukan karena
"Di lemari kurang baju, yauda saya beli baju lah"

Ngerti kan ?
Untuk meningkatkan Desire, bisa dengan Promo, informasi yang lebih lengkap lagi, Kata-kata yang menggoda, dan harga.

kalau Desirenya sudah tinggi, maka otomatis akan melakukan tahap terakhir;

Action

Melakukan Aksi, bisa jadi dengan bertanya di diskusi product, atau kirim pesan ke penjual, atau bahkan langsung melakukan transaksi.

Dengan sudah paham apa itu AIDA maka saya akan memberikan contoh berdasarkan product Tumbler Starbucks tadi.


"Tahukah anda, Starbucks merupakan coffee shop nomor 1 di berbagai negara, Starbucks juga menjualan Merchandise seperti Tumbler Starbucks. Tumbler Starbucks yang satu ini Limited Edition loh, Dibuat di KOREA langsung dengan bahan stainless steel kualitas TINGGI"

Itu merupakan perkenalan dari product kita , bisa dari segi manapun, seperti saya mencontohkan dari segi Brand nya sendiri dan kualitasnya. Namun ingat kan kalau tadi kita punya 1 nilai plus lagi yaitu tahan panas, ini sengaja tidak di cantumkan terlebih dahulu. Setelah perkenalan kita masuk ke tahap spesifikasi.

"Berikut nih Spesifikasinya:
Brand: Starbucks
Type: Tumbler
Material: Food Grade A Stainless Steel

Color: Carbon Black
Dimension: (P*L*T) 50mm*50mm*200mm

Made In Korea
Limited Edition"

Di tahap Spesifikasi ini bebas, sedetail mungkin jelaskan productnya namun jangan terlalu detail dengan menggunakan bahasa yang tidak semua orang mengerti (biasanya IT Product). Setelah Spesifikasi, kita lanjutkan dengan informasi tambahan

"Tumbler Starbucks ini memiliki kapasitas menampung air hingga 250ml. Selain itu Tumbler ini juga memiliki kemampuan TAHAN PANAS HINGGA 5 JAM loh guys. WOW! kecil-kecil stylenya keren dan bisa tahan panas lama pula ya guys. 
Jika transaksi sekarang juga selama iklan masih ada, anda akan mendapatkan free gantungan kunci starbucks juga loh!
Jangan tunggu lagi, GRAB IT FAST gan! karena
STOCK SISA 3 UNIT, SIAPA CEPAT DIA DAPAT, wohoooo!
Ada pertanyaan langsung saja ditanyakan di Diskusi Product ya Guys, buruaan"

Di Tahap terakhir ini juga bisa di cantumkan informasi seperti Garansi, Contact Person, arahkan ke link lain yang kita jual juga, atau segala informasi tambahan lainnya yang bisa meningkatkan Desire.
Selanjutnya tinggal Tunggu saja respon dari calon pembeli. Coba lihat ulang ya spesifikasinya tanpa terputus2 penjelasan

Image result for tumbler starbucks
Tahukah anda, Starbucks merupakan coffee shop nomor 1 di berbagai negara, Starbucks juga menjualan Merchandise seperti Tumbler Starbucks. Tumbler Starbucks yang satu ini Limited Edition loh, Dibuat di KOREA langsung dengan bahan stainless steel kualitas TINGGI


Berikut nih Spesifikasinya:
Brand: Starbucks
Type: Tumbler
Material: Food Grade A Stainless Steel

Color: Carbon Black
Dimension: (P*L*T) 50mm*50mm*200mm

Made In Korea
Limited Edition


Tumbler Starbucks ini memiliki kapasitas menampung air hingga 250ml. Selain itu Tumbler ini juga memiliki kemampuan TAHAN PANAS HINGGA 5 JAM loh guys. WOW! kecil-kecil stylenya keren dan bisa tahan panas lama pula ya guys. 
Jika transaksi sekarang juga selama iklan masih ada, anda akan mendapatkan free gantungan kunci starbucks juga loh!
Jangan tunggu lagi, GRAB IT FAST gan! karena
STOCK SISA 3 UNIT, SIAPA CEPAT DIA DAPAT, wohoooo!
Ada pertanyaan langsung saja ditanyakan di Diskusi Product ya Guys, buruaan

Keren kan ? Nah itu masih hanya Konsep dasarnya saja, jika poin poin tersebut sudah ada, selebihnya tinggal perlengkap saja informasi sedetail dan selengkap mungkin. kalau bisa gunakan seluruh quota huruf yang di berikan oleh Tokopedia sendiri.


Contoh Yang Baik


Headphone Beats Studio Bluetooth

Monster Beats Studio Headphone Bluetooth Headset sangat cocok untuk anda yang mempunyai aktivitas dan kesibukan yang banyak. Monster Beats Studio Headphone Bluetooth Headset ini tidak menggunakan kabel, tapi menggunakan koneksi bluetooth.

Monster Beats Studio Headphone Bluetooth Headset TM-019 ini dapat digunakan untuk memutar musik melalui Bluetooth, Memory MICRO SD, Kabel AUX, dan Radio FM, serta teleponan. Monster Beats Studio Headphone Bluetooth Headset TM-019 memiliki kualitas suara Super Bass, dan headset ini dapat digunakan untuk semua jenis handphone selama gadget anda memiliki fasilitas bluetooth.

Cara menggunakanyapun cukup mudah, anda hanya tinggal mempairing bluetooth ke headset ini dan anda bisa langsung menggunakannya. Monster Beats Studio Headphone Bluetooth Headset TM-019ini menggunakan baterai dan dapat di charger kembali ketika baterai sudah habis.

Spesifikasi:
Bluetooth Version : V3.0+ EDR
Frequency response 2.4-2.4835GHz ISM band
Micro SD 128MB up to 32GB
Distance 10-20m
Sesnsitivity -80dBm
Mp3&FM Spec
Audio Format Mp3/WMA
FM radio range supported 87.5-108.0 MHz
Rate Power 40mW
Frequency range 20HZ-20kHZ
Plug type 3.5mm stereo

Isi kelengkapan :
- Headphone
- Kabel Charge
- Kabel AUX

JANGAN LUPA SEKALIAN BELANJA YANG LAIN KAK ^^

Bingung cari seller yang pengiriman dan input resi yang cepat? atau diskusi dan pesan tidak dibalas? lalu barang yang bermasalah tidak diperdulikan? Kami dari Blue Komputer selalu mengutamakan Anda sebagai raja yang dimana pengiriman dan input resi cepat dan sangat fast respon ^^ Silahkan Berbelanja di toko kami ^_^ Pilihlah seller yang mengutamakan fast respon dan care terhadap barang yang dijual~

info lebih lanjut hubungi :
Contact :
BBM : D05184E8
LINE: @juj2385k
IG : @bluekomputer
WA : 085710691112

Contoh Yang Buruk



Demikian yang bisa sampaikan untuk Artikel ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa di bagikan ke teman-teman anda ya.

Komentar